Keutamaan & Keistimewaan Beberapa Ayat Alquran

Keistimewaan Surat Al Kahfi
Dalam haidts Nabi dijelaskan bahwa bagi yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dosa-dosanya akan diampuni Allah sampai dengan hari Jum’at berikutnya. Ia juga akan memperoleh cahaya yang memacar dari tumit kaki sampai ke langit.
Keistimewaan Surat Yasin
Nabi Muhammad menyebut surat ini sebagai jantungnya Al-Qur’an. Bagi yang membacanya dengan niat mendekatkan diri kepada Allah semata maka dosanya akan diampuni Allah. Membacanya sekali sama dengan membaca Al-Qur’an 10 kali.
Keistimewaan Surat Al-Mulk
Rasulullah selalu membaca surat ini dan surat As-Sajdah setiap menjelang tidur. Allah akan menjauhkan pembaca surat Al Mulk  dari siksa kubur.
Keistimewaan Surat Al Waqi’ah, Ar Rahman dan Al Hadid
Bagi pembaca Surat Al Waqi’ah setiap malam, Allah akan menjauhkan dari kemiskinan dan bagi pembaca ketiga surat tersebut akan dicatat Allah sebagai penghuni surga Firdaus.
  Keistimewaan Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas
Surat Al Ikhlas menyamai sepertiga Al Qur’an. Bagi pembacanya 10 x akan dibangunkan baginya satu istana di surga. Dianjurkan ketiga surat di atas dibaca menjelang tidur, ditiupkan ke telapak tangan dan diusapkan ke muka dan beberapa bagian tubuh yang dapat dijangkau. Allah akan menjaga pembacanya dari segala macam bencana.
Keistimewaan Ayat Kursi

ALLAHU LA ILAHA ILLA HUWAL HAYYUL QOYYUM. LA TA’KHUDZUHU SINATUW WALA NAUM. LAHU MA FIS SAMAWATI  WAMA FIL ARDLI. MAN DZAL LADZI YASYFA’U ‘INDAHU ILLA BIIDZNIH. YA’LAMU MA BAINA AIDIHIM WAMA KHOLFAHUM WALA YUHITHUNA BISYAI-IM MIN ‘ILMIHI ILLA BIMASYA’. WASI’A KURSIYYUHUS SAMAWATI  WAL ARDLO WALA YAUDUHU HIFDHUHUMA WAHUWAL ALIYYUL ADHIM
 Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.(QS Al Baqarah,2:255)
Ayat Kursi adalah penghulu ayat-ayat Al Qur’an. Bagi pembacanya setelah salat fardlu, akan dimasukkan Allah ke surga segera setelah kematian yang bersangkutan. Jika dibaca menjelang tidur, ia akan dijaga dari gangguan setan sampai ia bangun pagi.