Doa untuk orang yang telah wafat

Dibaca waktu salat janazah atau di luar salat.
اللهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْ خَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلابْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارً خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذََابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ
ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WA’AFIHI WA’FU ‘ANHU WA-AKRIM NUZULAHU WAWASSI’ MADKHOLAHU WA-AGHSILHU BIL MA-I WAS-TSALJI WAL BAROD, WANAQQIHI MINAL KHOTHOYA KAMA YUNAQQOTS TSAUBUL ABYADHU MINADDANAS, WA-ABDILHU DARON KHOIRON MIN DARIH, WA-AHLAN KHOIRON MIN AHLIH, WAZAUJAN KHOIRON MIN ZAUJIH, WA-ADKHILHUL JANNAH, WA-A’IDZHU MIN ‘ADZABIL QOBRI WAMIN ‘ADZABINNAR. ALLAHUMMAGHFIR LIHAYYINA WAMAYYITINA WASHOGHIRINA WAKABIRINA, WADZAKARINA WAUNTSANA, WASYAHIDINA WAGHOIBINA, ALLAHUMMA MAN AHYAITAHU MINNA FA-AHYIHI ‘ALAL ISLAM, WAMAN TAWAFFAITAHU MINNA FATAWAFFAHU ‘ALAL IMAN. ALLAHUMMA LA TAHRIMNA AJROHU WALA TAFTINNA BA’DAHU
Wahai Allah, ampunilah dia, sayangilah dia, berikan kebaikan kepadanya, ampunilah dosa-dosanya, muliakanlah kedudukannya, luaskanlah kuurnya, mandikanlah dengan air, salju dan kesejukan, bersihkanlah dia dari kesalahan-kesalahannya seperti baju putih yang dibersihkan dari kotoran dan gantilah untuknya tempat tinggal yang lebih baik dari tempat tinggalnya (di dunia), keluarganya lebih baik dari keluarganya (di dunia), dan isteri yang lebih baik dari isterinya (di dunia), masukkanlah dia ke dalam surga dan jauhkanlah dia dari siksa kubur dan siksa neraka.
Wahai Allah, ampunilah kami yang hidup dan wafat di antara kami, ampunilah yang kanak-kanak dan dewasa di antara kami, yang laki-laki dan perempuan, yang hadir dan yang tidak hadir. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan di antara kami hidupkan kami dengan Islam, dan siapapun yang Engkau wafatkan di antara kami, wafatkan kami dengan membawa keimanan. Wahai Allah jangan Engkau jauhkan pahala untuk kami karenanya (mayit ini) dan jangan jadikan satupun bencana sepeninggalnya (mayit ini).
Atau doa yang paling singkat:
ALLAHUMMAGHFIR LAH
Wahai Allah ampunilah dia (mayit ini).
Doa ketika melihat iringan pengusung jenazah
لاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ الْحَىُّ الَّذِى لاَ يَمُوْتُ
LA-ILAHA IL-LALLAHUL HAYYUL LADZI LA YAMUT
Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Hidup, Yang tidak akan mati.
Doa ketika ziarah kubur (memasuki tempat pemakaman)
ASSALAMU’ALAIKUM DARO QOUMIM MU’MININ, WAINNA INSYA-ALLAHU BIKUM LAHIQUN
Semoga Allah memberi keselamatan padamu wahai orang-orang mukmin penghuni kubur. Insya-Allah kami akan berjumpa dengan kamu sekalian.