Surat Al Falaq dan An Naas untuk Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Manusia diciptakan Allah swt terdiri dari dua unsur yaitu unsur jasmani dan unsure rohani. Kedua unsur tersebut merupakan satu kesatuan atau sistem struktur yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai suatu kesatuan dan sistem maka masing – masing bagian dalam unsur tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi, artinya jika salah satu dari anggota tubuh mengalami gangguan atau sakit maka akan mempengaruhi anggota tubuh yang lain. Dengan demikian masing – masing anggota tubuh harus dijaga dari sakit/gangguan.
Sebagaimana yang kita maklumi bahwa selama mengalami perjalanan hidup tidak ada manusia yang tidak pernah sakit, setiap manusia pasti pernah mengalami sakit baik ringan maupun berat. Apabila manusia mengalami sakit dia akan berusaha untuk mencari obat penyembuhan dengan berbagai macam cara baik dzahir seperti pergi ke dokter atau secara batin seperti wirid, dzikir, shalat, do’a, dll. Mengenai masalah penyembuhan dari penyakit ini Rasulullah saw pernah bersabda.

“LIKULLI DAA-IN DAWAAUN FAIDZAA USHIIBA DAWAAUDDAA BARO-A BIDZNILLAH”

Artinya: “Setiap penyakit ada obatnya, jika tepat obatnya maka penyakit itu akan sembuh dengan izin Allah”

Al Qur’an sebagai kalam Allah swt dapat digunakan sebagai penawar dan obat terhadap penyakit seseorang baik penyakit jasmani maupun rohani. Perhatikan ayat – ayat yang menegaskan tentang pernyataan tersebut diatas:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآَنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا (82)

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang lalim selain kerugian.

Diantara surat, ayat, dan amalan yang dapat digunakan untuk penyembuhan adalah:

Surat Al Falaq dan An Naas untuk Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit.

Bacaan Surat Al Falaq :

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (1) مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5

Artinya : 1. Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh,

2. dari kejahatan makhluk-Nya,

3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

4. dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul,

5. dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki".

Bacaan Surat An Naas :

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6)
Artinya : 1. Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.

2. Raja manusia.

3. Sembahan manusia.

4. dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi.

5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia.

6. dari (golongan) jin dan manusia.

Kedua surat di atas mempunyai khasiat sebagai berikut:
 
1. Penawar racun kala.
Caranya:
Ambillah air garam, lalu bacalah surat Al Falaq dan An Naas, air tersebut usapkanlah pada bagian yang terkena gigitan kala. Insya Allah dengan cara ini akan segera sembuh.
 
2. Agar terhindar dari penyakit yang diperbuat syetan atau manusia.
Caranya:
Bacalah surat Al Falaq dan An Naas sebanyak 41 kali selama 3 hari, 5 hari, atau 7 hari berturut – turut. Insya Allah akan terhindar dari penyakit tersebut.